Ya Allah, terlalu kotor diri ini untuk menyentuh Mu. Tapi pada siapa aku harus menghambakan jiwa ini di sudut bumi yang kian memanas?. Kemana lagi harus kugantung resah ini di sisi hidup yang kian tak bermakna. Aku cemburu pada mereka yang hatinya kau tetesi hidayah, aku cemburu pada mereka yang kekayaannya terlapisi berkah dan aku teramat cemburu pada mereka yang kehidupannya disinari Iman. Aku ingin seperti mereka, Ya Allah... Aku ingin, meski terlalu kecil jiwa ini di hadapanmu. Terlalu hina diri ini di kakiMu. dan terlalu jauh hati ini dari tanganMu. Jangan jadikan aku bagian dari orang2 yang aku ingin marah ketika mereka menjauhiMu, mengabaikan perintah2Mu padahal mereka berkata bahwa mereka percaya hanya Enggkaulah pemilik segala yang ada di bumi dan langit ini.

9.08.2008

Tugas PPKN

Jawaban PPKN



1.Berikan ulasan pengertian kembali tentang “Pancasila” sesuai pendapat anda dan tokoh-tokoh terkenal ! Pendapat anda tentang budaya politik ?

Pendapat saya budaya politik itu adalah pikiran atau akal budi mengenai ketatanegaraan. Seperti tata cara pemerintahan atau dasar-dasar pemerintahan.
No Tokoh Uraian Singkat
  1. Muh. Yamin
    Menurut pendapat Muh. Yamin, Pancasila yang berasal dari kata Panca berarti "lima" dan Sila berarti "sendi", "peraturan tingkah laku yang baik". Jadi Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang baik.
  2. Notonegoro
    Menurut pendapat Notonegoro, Pancasila adalah Dasar Falsafah Negara Indonesia. Berdasarkan pengertian ini jadi dapat disimpulkan bahwa Pancasila pada hakikatnya merupakan Dasar Falsafah dan Ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup Bangsa Indonesia sebagai Dasar Pemersatu, Lambang Persatuan dan Kesatuan serta sebagai Pertahanan Bangsa dan Negara Indonesia.
2. Pengertian Pancasila menurut Ir. Soekarno adalah isi jiwa Bangsa Indonesia yang turun temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Berikan penjelasan singkatnya yang dimaksud dengan !

a. Isi jiwa bangsa :
Penderitaan rakyat indonesia setelah berabad-abad tanpa ada rasa putus asa demi mendapatkan kemerdekaan .

b. Terpendam bisu:
Di dalam merebut kemerdekaan, rakyat Bangsa Indonesia di kekang oleh kebudayaan barat.

3. Pancasila merupakan hasil kesepakatan bangsa Indonesia berdasarkan justifikasi Yuridik, Filsafat dan Teoritik serta Sosiologik dan Historik. Beri penjelasan singkat pada kolom di bawah ini !

Justifikasi Yuridik Filsafat dan Teoritik Bangsa Indonesia telah secara konsisten untuk selalu berpegang kepada Pancasila dan UUD 1945, sebagaimana yang telah diamanatkan adanya rumusan Pancasila ke dalam Undang-undang Dasar yang telah berlaku di Indonesia dan beberapa Ketetapan MPR Republik Indonesia, seperti :

  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  2. Konstitusi Republik Indonesia Serikat (1949)
  3. Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia (1950)
  4. Ketetapan MPR RI No.XVII/MPR/1998 tentang HAK ASASI MANUSIA, Pasal 2
  5. Ketetapan MPR RI No.V/MPR/2000 tentang PEMANTAPAN PERSATUAN DAN KESATUAN NASIONAL
  6. Ketetapan MPR RI No.V/MPR/2000 tentang PEMANTAPAN PERSATUAN DAN KESATUAN NASIONAL Yaitu merupakan usaha manusia untuk mencari kebenaran Pancasila dari sudut olah pikir manusia, dari konstruksi nalar manusia secara logik. kebenaran Pancasila dimulai dengan suatu aksioma dimana :”Manusia dan alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dalam suatu partalian yang selaras atau harmoni”. Yang ditemukan pada rumusannya dalam Pembukaan UUD 1945 pada alinia kedua & alenia keempat.


4. Berikan tanggapan penjelasan, mengapa Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Nasional, dikatakan sebagai hasil kesepakatan Bangsa Indonesia !

Tanggapan saya : Karena Pancasila dipergunakan sebagai dasar untuk mengatur Pemerintahan dan mengatur penyelenggaraan Negara. Konsep-konsep Pancasila tentang kehidupan bernegara yang disebut "cita hukum" (staatsidee), merupakan cita hukum yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

5. Tuliskan perbedaan dan persamaan mendasar antara pendapat Ir. Soekarno dengan Mr. Muhammad Yamin berkaitan dengan pengertian Pancasila di bawah ini!

"Persamaan dan Perbedaan"

  • PERSAMAAN
Persamaan Muh. Yamin dan Ir. Soekarno tentang pengertian Pancasila adalah Pancasila sama-sama merupakan Falsafah Negara yang berisi pedoman tentang aturan tingkah laku yang baik.

  • PERBEDAAN
Adapun perbedaannya antara lain sebagai berikut :

Menurut pendapat Muh. Yamin :
Pancasila merupakan lima dasar yang merupakan pedoman tentang aturan tingkah laku yang baik.

Menurut pendapat Ir. Soekarno :
Pancasila adalah isi jiwa bangsa indonesia yang terpendam bisu setelah sekian abad lamanya oleh kebudayaan barat dan merupakan falsafah negara.

5 comments:

mjieschool mengatakan...

Ass...
Tugasnya udah diperiksa, tapi ASLI....Ibu Pusing bacanya, kurang rapi dalam penulisannya, perbaiki lagi ya....Untuk jawaban No 1, 2, 3, dan 5 udah bener tapi uang nomor 4 belum sempurna thul, coba deh diteliti lagi pertanyaannya " Kesepakatan Bersama Bangsa Indonesia " Maksudnya apa ayo.....
Ibu kasi nilai 80 dulu ya........

fathul jannah....? mengatakan...

Wa'alaikum salam....
Maaf atas keteledoran Fathul yah Bu...Insya Allah Fathul akan perbaiki lagi...Terima kasih atas masukan Ibu...

Derin Aldaneva Mas mengatakan...

makasih fathul..:D

salsabila nur azizah mengatakan...

no.5 kok tidak ada mr.soepomonya ya? kenapa? tks

Dewi naoli mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

 
© 2008 Por FakThuL JannaH